Ciri-ciri sedang hamil / Tanda-tanda kehamilan



Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan kehamilan itu sangat luar biasa. Trimester pertama atau awal kehamilan itu berbeda-beda setiap individu, berikut list yang bisa saya rangkum :

1. Telat datang bulan, tapi Test Pack Negatif ???
    Jangan khawatir.. Yup ga semua orang telat datang bulan langsung positif. Hal itu karena kadar HCG dalam urine belum terlalu banyak. So, buat para calon ibu jangan berasumsi langsung bahwa anda belum hamil daaaan.... jangan langsung ke dokter dan cek usg.. karena menurut pengalaman saya, 1 bulan pertama telat datang bulan itu belum terlalu terlihat, dari pada kecewa, lebih baik usg setelah lewat 1 bulan. Yup, Testpack negatif memang di usg belum terlalu terlihat, apalagi kalau posisi rahim calon ibu retrofleksi (ke arah belakang). Pengalaman aku, aku telat 3 minggu barulah mucul positif. Alhamdulillah Ya Allah telah mempercayakan kepada keluarga kecil kami.

2. Test Pack Positif
    Positif kehamilan itu bisa jadi terjadi saat baru 1 hari telat atau pun saat beberapa hari setelah berhubungan. Berarti ibu-ibu memiliki HCG yang banyak. Saran melakukan test pack, jangan percaya hanya pada 1 test pack, gunakanlah test pack minimal 2 karena untuk perbandingan. Test pack juga tidak terlalu mesti yang mahal, kalau sudah hamil mah yang murah pun pasti terlihat. Cuma untuk perbandingan kita bisa beli 2 murah 1 mahal, itu berdasarkan pengalaman saya. Jika sudah 2 garis samar, langsung periksakan ke dokter. Biasanya dokter memberikan vitamin (kalau aku dikasih asam volat dan vitamin kecerdasan otak bayi / DHA)

3. Kram Perut / Perut terasa berbeda di area bawah perut
    Minggu-minggu awal ada beberapa wanita yang merasa sedikit kram dibawah perut, ada juga yang tidak merasakan hal tersebut. Jika sudah merasakan hal ini, tetapi test pack negatif, jangan khawatir. Tetapi para calon ibu harus bersabar dan menjaga kehamilan tersebut. karena bisa jadi hamil.

4. Sering buang air kecil
    Inilah yang saya rasakan sebelum telat haid. Kok sebelum telat haid sih??? yup saya juga bingung kenapa. Sekitar 2 minggu dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) saya sering buang air kecil. Saya pikir saya hamil, tetapi tp negatif (-) trus. sedih banget.. setiap 3 hari sekali saya tp. tapi tetap negatif sampai 3 minggu telat barulah tp positif. (+) alias 2 garis samar. Lamanya sering buang air ini sampai beberapa hari saya telat haid.
   
5. Mual/Muntah
    Untuk yang satu ini merupakan tanda yang saya alami setelah 4 minggu telat haid dan pastinya sudah positif tp nya. Rasa mual ini sunggung mengganggu aktivitas kerja saya. Apalagi saat bulan puasa ini, meski masih trimester awal, saya memberanikan diri untuk tetap puasa karena menurut referensi yang saya baca tidak masalah untuk puasa. Asalkan asupan saat sahur dan buka cukup dan bergizi buat janin. Lamanya perasaan mual dan ingin muntah ini dirasakan sepanjang hari. Wow banget, tapi saya menikmatinya, karena saya ingin sekali hamil setelah menunggu  sekitar 3 bulan dari pernikahan saya.

6. Pusing
    Rasa pusing yang berbarengan dengan rasa mual juga dirasakan ibu hamil pada trimester awal. Rasa ini biasanya berbarengan dengan mual. Pusing yang terjadi seperti cenut-cenut di bagian depan kepala. Jangan khawatir, ini terjadi karena perubahan hormon.

7. Lemas
    Rasa lemas itu kadang-kadang melanda saat aktivitas yang padahal ga seberapa berat, tapi kita langsung lemes dan capeh.

8. Mudah laper
    Rasa ini berhubungan dengan mual, saat saya makan trus rasa mual itu akan hilang. Yang aneh nya, rasa laper ini cepet banget mucul nya, padahal saya baru aja makan beberapa jam lalu, tetapi rasanya sudah mau makan lagi. Inilah mengapa ibu hamil memiliki kenaikan berat badan yang cukup signifikan. haha.. Bener-bener nikmat hamil, karena kita mau makan sesuatu pasti dimanjain suami dan keluarga dan langsung dibeliin. 

9. Penciuman yang Sensitif
    Indera penciuman saat hamil memang jadi berubah, karena kita malah bisa jadi ga suka makanan yang biasanya kita sukain ataupun kebalikan nya karena bau nya. Sekarang beberapa makanan dirumah saya pun saya ga tahan kalau harus lama-lama di dapur. Bau banget, padahal menurut suami ga bau. Pakaian pun saya jadi sangan sensitif, harus wangi. Ruangan pun setiap saat suami semprot pake pewangi karena saya selalu bilang bau lalu muntah-muntah. Padahal suami aku bingung bau apa, dia tidak merasakan ada bau di ruangan tersebut. Sungguh aneh, sedikit lebay bahkan kalau orang liat mungkin lebay banget sih. Tapi itu yang saya rasakan, saya aja bingung. yang biasanya ga gitu jadi aneh gini. haha.. Ada juga orang yang hamil mencium bau makanan padahal makanan nya dimana, tapi udah kecium dan mual duluan. Yup. Setiap orang berbeda-beda tergantung hormon dalam tubuhnya.

Mungkin itu beberapa hal yang bisa saya rangkum berdasarkan pengalaman saya.
Saya ingin berterima kasih untuk orang-orang disekitar saya yang support kehamilan saya dan terutama suami tercinta yang jadi jarang dimasakin karena mual mencium beberapa bau masakan. Beli terus deh.. hehe.. ^.^ dan suami tercinta yang selalu sabar menghadapi kehamilan aku yang sensitif banget. hehe.. ^.^ 

Selamat kepada ibu-ibu baru yang memiliki tanda hamil.
Pesan saya, jangan langsung sedih saat Test Pack (tp) negatif, bersabar dan terus berdoa sama Allah karena bisa jadi kita benar sedang hamil. Berpikir lah positif, karena itu akan mempengaruhi tubuh kita.

See You di next celotehan tentang kehidupan.

Writed by : Lita Septia W.

Comments

Popular posts from this blog

Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya)

Jenis dan Penjelasan Besi & Baja (Ferro, Iron, Steel)

Diagram Fasa Biner