Cara Daftar Haji di Cilegon dan Serang



Alhamdulillah saya dan suami diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk mendaftarkan diri menjadi Calon Jamaah Haji Indonesia. Info yang kami dengar lamanya waktu tunggu untuk haji di bekasi saja sudah 20 tahun, bagaimana dengan cilegon atau serang?? berikut cerita yang dapat saya tuliskan kepada teman-teman semua berdasarkan pengalaman pribadi.

Tanggal 12 September 2018 alur dan cara mendaftar haji di banten
Pertama-tama kami pergi ke bank dimana kami harus mengambil uang cash sebesar Rp. 51.000.000,-.
Kenapa harus ada 1 juta nya? karena 1 juta itu untuk uang admin pembukaan rek tab haji untuk kami berdua. Setelah kami mengambil uang di bank, lalu kami mengunjungi Bank BNI Syariah (kami pilih bni karena pengalaman orang tua sebelumnya di bank ini, bebas kok mau bank mana aja).
Sekilas info bank yang ditunjuk untuk haji (BPS-BPIH atau Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yaitu :
  1. Bank Syariah Mandiri (BSM), 
  2. BNI syariah, 
  3. BRI Syariah, 
  4. BCA Syariah, 
  5. Bank Mega Syariah, 
  6. UUS CIMB Niaga, 
  7. UUS Maybank, 
  8. UUS Danamon, 
  9. UUS BTN, 
  10. UUS Bank Jateng dan 
  11. UUS Bank Jatim
Nah,,, Bank tersebut diatas lah yang bisa kalian pilih. Lanjut ya di Bank yang kami pilih yaitu BNI Syariah menerima setoran awal yaitu Rp.100.000 atau Rp. 500.000 atau diatas itu.

Kami pun langsung datang ke BNI Syariah Cilegon samping Bank BJB Cilegon tempatnya. Kami datang sekitar jam 9.30an dan disana sudah banyak orang duduk mengantri, kami langsung mengambil nomor antrian CS (Customer Service). Kok ga sama antrian Teller nya sih?? Yup.. cukup CS aja, karena CS akan membantu menyetor uang kita langsung di teller tanpa harus mengantri lagi di teller. Alhamdulillah...

Saat kami dipanggil dan duduk di CS, kami ditanya "perlengkapan berkas-berkas apakah dibawa?, uang nya cash atau transfer?". Nah karena sebelumnya kami sudah mencari dari beberapa sumber syarat apa aja yang dibawa, Alhamdulillah ada, hanya 1 saja yang tidah bawa yaitu paspor.

Berikut persyaratan pendaftaran haji di Cilegon - Serang per 1 calon jemaah haji :
  1. Nasabah minimal berusia 12 Tahun
  2. Setoran Awal BPS Berbasis Syariah (Nah di Bank yang ditunjuk tadi nanti dapat form nya)
  3. Foto copy KTP 6 Lembar = 4 Lembar (Untuk Depag) & 2 Lembar untuk di Bank
  4. Foto copy KK 2 Lembar = 1 Lembar (Untuk Depag) & 1 Lembar untuk di Bank
  5. Foto copy Ijazah 1 Lembar
  6. Foto copy Surat Nikah 2 Lembar = 1 Lembar (Untuk Depag) & 1 Lembar untuk di Bank
  7. Foto copy Akta Kelahiran 2 Lembar = 1 Lembar (Untuk Depag) & 1 Lembar untuk di Bank
  8. Golongan darah (Kalau kami sih ada di KTP ya ket golongan darahnya apa)
  9. Foto Tampak 80% Ukuran 3x4 = 20 Lembar, Ukuran 4x6 = 10 Lembar (5 Lembar 3x4 & 5 lemar 4x6 untuk di depag, sisanya di bank) - jangan lupa bawa soft file nya buat di depag.
    • Pas Foto berwarna dengan latar belakang putih
    • Warna baju atau kerudung tidak berwarna putih
    • Tidak memakai pakaian dinas
    • Tidak memakai kaca mata dan tidak memakai peci
    • Tampak wajah minimal 80% (seperti foto e-ktp)
  10. Foto copy Paspor (Bagi yang sudah punya, hanya untuk menyamakan nama saja)
  11. Surat Keterangan Domisili dari kelurahan dan kecamatan bermaterial 6000 (Fotocopy 4 Lembar) - Ini jika kalian mendaftar di daerah yang berbeda dari kk dan ktp.
  12. Membawa NPWP - ditanya saat di bank untuk mengisi form
Saat kami dibank, kami diminta menandatangani banyak sekali berkas untuk mendapatkan Form setoran awal BPS tersebut. Setelah itu kami pergi ke Kementriaan Agama (KEMENAG) / Departemen Agama (DEPAG) yang ada di serang, karena domisili kami di serang.
Depag Serang berada dekat brimob serang dan lokasi nya sangat sulit sekali parkir, disarankan datang pagi supaya dapat parkir mobil nya dengan nyaman.

Di Depag kami diminta syarat-syarat diatas dan kita ga usah bawa map, tenang aja ada map sendiri dari depag serang. Bagi yang lupa bawa foto buat syarat di depag, ada orang yang fotoin nya juga disana. Tapi saran saya sih siapin aja sendiri, biar hasilnya bagus mau di edit-edit kah jadi cantik. hahaha...

Lanjut ya,,, di depag kami diminta cek berat badan, foto lagi untuk upload karena kami lupa bawa soft file nya, lalu kami menyerahkan berkas dan terakhir kami finger print. Setelah semua data diri kami di konfirmasi benar, maka kami diberikan print out data diri dan ditandatangani kami.
Lembar pertama buat Calon Jamaah Haji, Lembar kedua buat BPS-BPIH, dan lembar lain nya buat di depag.

Nah... yang ditanyakan berapa lama kami menunggu proses bisa cek porsi haji?
Kami harus menunggu selama 1 minggu dari tanggal kami mendaftar

Emang ga ada infonya berapa tahun lama harus menunggu?
Ada kok, diinfokan dari pihak Bank BNI Syariah Cilegon sih 19 Tahun, dari DEPAG Serang juga sama 19 Tahun.

Lalu, setelah selang 1 minggu dicek jadi nya berapa tahun nunggu?
Alhamdulillah naik 1 Tahun, menjadi 18 Tahun masa tunggu nya. Semoga kuota Haji Indonesia ditambah ya, supaya lebih cepat berangkat haji nya.

Demikian info yang bisa saya share. Untuk yang masih muda-muda diatas 12 tahun dan memiliki rezeki lebih, ayo daftar haji. Waktu tunggu 18 tahun itu lama sekali. Saya sendiri terus berfikir 18 tahun lagi umur saya berapa? Anak saya sudah mau kuliah. Waaah... Sekarang 27 Tahun, nanti 45 Tahun. Semoga saya dan suami sehat selalu, sehingga bisa berangkat haji dan menjadi haji yang mabrur. Aaaamiiin Ya Rabbal'alamiiin....

True Story of  Lita SW.

Comments

Popular posts from this blog

Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya)

Jenis dan Penjelasan Besi & Baja (Ferro, Iron, Steel)

Diagram Fasa Biner