Mainan dan Perlengkapan bayi 0 - 9 Bulan

Mainan & barang bayi apa sih yang harus dimiliki anak usia 0 - 7 bulan? Atau tidak usah pake mainan lah, kan masih bayi belum tau apa-apa. Berikut pengalaman yang bisa saya bagikan.

Bayi usia 0-1 bulan
Bayi pada usia ini masih banyak tidur dan belum membutuhkan mainan, tetapi perlengkapan nya cukup banyak moms. Bayi memang masih belum tau apa-apa, tapi untuk mainan bisa dibelikan boneka, bantal dan guling yang nyaman  untuk menemani anak tidur dan bermain. Jika ingin berpergian, perlengkapan nya bisa disiapkan gendongan bayi dan stroller bayi.


Yang paling penting bagi ibu-ibu pekerja yaitu persiapan Pumping ASI. Disarankan yang elektrik untuk ibu pekerja, karena bisa sambil kerja kita pumping ASI.  Pompa lah ASI selagi masih banyak dan taruh di botol asi. Banyak-banyak stok ASI dikulkas. Persiapkan juga box asi dan tentu nya dot bayi. Untuk Pampers mah sudah tidak usah ditanya, wajib. hehe. Perlengkapan bayi newborn lain nya bisa dilihat di link berikut :
https://sun99window.blogspot.com/2017/12/perlengkapan-bayi-ibu-melahirkan.html
Untuk bagaimana cara bisa tetap memberika asi eksklusif pada saat bekerja, akan saya bagi informasi nya di postingan selanjutnya.

Bayi usia 1-3 bulan
Beberapa anak mungkin ada yang sudah bisa memegang barang kecil atau memasukan barang ke mulut. Dahulu anak ku, aku kasih potongan kecil wortel seukuran tangan nya, karena dia ingin memegang barang, hal ini hanya untuk melatih sensorik tangan nya dan dengan pengawasan orang tua tentu nya. Teether kecil yang ada pegangan bisa salah satu solusi, tetapi bayi Anda mungkin belum bisa memegang yang terlalu besar. Bayi pada usia ini memang sudah bisa memegang, tetapi ketepatan dia memasukan ke mulut masih "ngegeleyong" lamun bahasa sunda mah gitu. Apa ya klo bahasa indonesia nya. hehe..Bayi usia ini anak suka sekali boneka kerincing dan Buku Plastik. Anak senang dengan sesuatu yang berbunyi-bunyi. Bisa juga dibelikan mainan bayi gantungan.




Bayi usia 3-4 bulan
Bayi usia ini sudah bisa kita belikan baby bouncher yang getar itu, karena posisi duduk nya yang sudah cukup kuat. Tapi kalau anak ku ga suka disitu, di car seat aja ga mau. Mungkin moms bisa beli yang sekiranya nyaman buat anak ya. Ini bisa digunakan untuk menidurkan bayi juga jika baby nya nyaman.



Bayi usia 4-6 bulan
Teether wajib dimiliki pada usia ini, karena anak sudah akan belajar makan pada usia 6 bulan lewat nya. Moms.. jangan dikasih makan dulu ya sebelum 6 bulan lewat, cukup ASI. Saat usia 6 bulan bisa menggunakan botol makan bayi, untuk memudahkan saat pemberian MPASI



Selain itu bisa dibelikan Gigitan Makan Bayi, ini bisa dimasukkan buah-buahan.




Bayi usia 6-7 bulan
Bayi sudah mulai MPASI dan belajar berjalan, bisa dibelikan kursi roda jalan/Baby Walker. Dengan banyak mainan dan ada tempat buat makan nya juga. Belikan roda jalan yang aman dipakai, karena info dari professor yang saya temui di bandung bahwa ada beberapa kasus bayi terlempar saat bermain menggunakan kursi roda jalan. Teliti sebelum membeli ya moms, dan lakukan pengawasan selalu ya.

 

Bayi usia 7-8 bulan
Bayi usia ini sudah banyak sekali tingkah nya, mau jalan sana sini kita tuntun. Kita bisa membelikan mainan bunyi yang dipencet seperti remote bunyi. Anak mulai mengerti suara-suara dan menekan-nekan tombol. Anak juga melatih kekuatan otot tangan nya dengan mengangkat barang-barang disekitar juga bisa. Jangan dimarahin ya moms kalau anak malah melempar mainan nya atau barang kita, itu normal kok. Cukup diajarkan dengan pelan-pelan, namanya juga bayi. Beli mainan yang sekiranya cukup kuat jika kena lempar ya mom.


Bayi usia 9 bulan
Bayi usia ini sudah mulai ga bisa diam nya, ingin berlari kesana kemari. Baby Walker dengan pegangan ini bisa mempercepat anak untuk bisa berjalan. Hati-hati ya moms, selalu diperhatikan langkah dan postur tubuh baby nya.

Demikian yang bisa saya share. Semoga bermanfaat ya moms.

Comments

Popular posts from this blog

Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya)

Jenis dan Penjelasan Besi & Baja (Ferro, Iron, Steel)

Diagram Fasa Biner